Isa fadilla

  1. Taksonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu taxis yang berarti susunan & nomos yang berarti hukum. Jadi Taksonomi adalah penyusunan yang teratur dan bernorma mengenai organisme-organisme ke dalam kelompok-kelompok yang tepat dengan menggunakan nama-nama yang sesuai dan benar. Taksonomi merupakan hukum yang digunakan sebagai penyusunan spesies.
  2. Klasifikasi adalah proses pengaturan tumbuhan / hewan dalam tingkat-tingkat kesatuan kelasnya yang sesuai secara ideal. Menurut Simpson (1961); Goto (19882), Klasifikasi merupakan kegiatan meletakkan hewan ke dalam kelompok-kelompok atau kumpulannya dengan dasar hubungan antar mereka dan keterkaitan karena hubungan kekerabatan atau persamaannya.
  3. Sistematika/Biosistematika adalah metode terkini untuk meneliti hubungan kekerabatan antar makhluk hidup. Sistematik adalah semua cakupan mengenai macam hewan, perbedaannya klasifikasi & evolusi (Blackwelder & Bounder, 1952), sedangkan menurut Simpson (1961) sistematik adalah hubungan kekerabatan diantara mereka. Biosistematik adalah klasifikasi secara eksperimen.
# Hubungan antara Klasifikasi, Taksonomi & Biositematik yaitu pada:
  1. Aktivitas
    Aktivitas Klasifikasi berupa fisik sedangkan taksonomi merupakan aturannya.
  2. Cakupan
    a. Biosistematik: cakupannya paling luas
    b. Taksonomi
    c. Klasifikasi: cakupannya paling sempit
  3. Hasil
    Hasil biosistematik berupa teori
0 Responses

Posting Komentar